6.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
TEMA : AYO BELAJAR
Nama Sekolah : SDN 1 SURENLOR
Kelas / Semester : 1 (satu) / 2 (gasal)
Materi Pokok :
Semangat Belajar Nabi Idris a.s.(1)
Alokasi waktu : …… JTM
(…. X 35 Menit)
Tanggal :
_____________________
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 : Memahami
pengetahuan faktual tdengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.14 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Idrīs a.s.
2.14
Menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14 Memahami
kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
|
1.14.1 Meyakini kebenaran
kisah Nabi Idrīs a.s.
2.14.1 Menunjukkan sikap
semangat.
2.14.2 Menunjukkan sikap
rajin belajar.
3.14.1 Menyebutkan sikap
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14.2 Menjelaskan sikap
semangat dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
3.14.3 Menjelaskan sikap
rajin belajar dari kisah keteladanan Nabi Idrīs a.s.
4.14.1 Menceritakan sikap
terpuji Nabi Nabi Idrīs a.s.
4.14.2
Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Idrīs a.s.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Nabi Idris a.s. utusan Allah Swt.
Ia nabi yang pandai. Sejak
kecil Nabi Idris a.s. rajin
belajar.
D.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
þ
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
þ
Guru menyapa peserta didik.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
þ
Guru dapat memanfaatkan media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
þ
Guru menggunakan metode yang
digunakan adalah diskusi dalam bentuk the
educational diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar
|
10 menit
|
Inti
|
þ
Guru meminta
peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan isi gambar.
þ
Guru
menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Adam.
þ
Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata
kepada siswa.
þ
Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya, kemudian
menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
þ
Peserta mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi Idris a.s.
Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani,
terutama sikap rajin belajar Nabi Idris a.s. sehingga Ia jadi pandai.
þ
Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan
“aku selalu rajin belajar”.
þ
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman
sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan
jawaban ceritanya mengarah pada sikap rajin belajar.
þ
Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
þ
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
E.
Jenis/teknik
penilaian
Penilaian sikap: Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan
F.
MEDIA ,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Media : Gambar/ Poster
b.
Alat : Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Sumber : Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD ,dan Juz ‘ammah
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
PUJI ASTUTI, S.Pd.I
NIP. 196605211991122001
|
|
Trenggalek, ...................2017 / 2018
Guru PAI
MUDRIKATIN, S.Pd.I
NIP. 196107151987032009
|
LAMPIRAN –LAMPIRAN
1.
Materi
pertemuan
Mengamati gmbar
2.
Istrumen
penilaian
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu
menjawab pertanyaan pada
kolom “ayo berlatih” (dengan menyebutkan 2 sifat
terpuji Nabi Idrīs a.s.).
Penskoran
Benar
dan lengkap = 100
Benar dengan 1 jawaban = 20
Tidak menjawab/salah = 0
Kunci jawaban:
1. Rajin belajar
2. Taat kepada Allah
3. Rajin belajar
4. Ajaran Islam
5. (jawaban dikembangkan
guru)
Guru dapat mengembangkan
soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai
dengan kebutuhan peserta
didik.
3. Latihan
PENGAYAAN
Rubrik penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan
:
*4 = Sangat Baik
*3 = Baik
*2 = Sedang
*1 = Kurang baik
|
Rentang
Skor =
Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
|
MK = 14-16
MB = 11-13
MT = 7-10
BT = 4-6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator
tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
AKTIVITAS
|
|||||||
santun
|
menghargai
|
||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
MK =
Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
BT = Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar